December 12, 2013

13-10-2013"Bike To Campus Bandung Gowes To Pangandaran"

Bandung-Pangandaran adalah rute yang kini kami tempuh dengan sepeda MTB, ±220 km kami menggowes dari jam 06.00 - 23.00 (17jam).Perjalanan ini terbilang dadakan, Sabtu 12-10-2013 kami bertiga (Irham @politeknik pajajaran, Billy @STIE Tridharma & Agus @Univ.Widyatama) mempunyai ide untuk mngisi wktu liburan k pngandaran, dan keesokan harinya Minggu 13-10-2013 kami mulai perjalanan. Pukul 05.30 kami berkumpul di sekretariat Palapa jl.Jakarta, setelah sarapan, pemananasan, briefing & cek n ricek sepeda jam 06.00 kami mulai gowes. Selama perjalanan kami melakukan banyak pemberhentian + istirahat terutama ketika melihat jajanan yang "ngagupayan" tanpa dikomando kami pun langsung berhenti sejenak  . Dijalan datar kami ber3 gowes beriringan, namun setiap menemukan turunan apalagi tanjakan tanpa dikomando kamipun langsung tercerai berai dengan sendirinya .Pukul 19.00 saat melintasi Banjarsari, Irham mengalami cedera pada lutut kanannya. Sebelumnya kami memang sering berhenti karena cedera yang dialami Irham tersebut, ketika di Malangbong Irham sudah merasakan linu pada lutut kanannya.Melihat cederanya cukup serius dan Irham sudah tidak mampu melanjutkan gowes, kami memutuskan untuk melakukan "evakuasi". Beruntung 6 rekan dari Palapa Poltek Pajajaran sudah di Pangandaran pada 1 hari sebelumnya, maka kamipun menelpon kepada mereka agar menjemput Irham di Banjarsari dgn mnggunakan motor. pukul 19.30 Setelah kondisi Irham yg mulai membaik dn rekan dari Palapa sudah dlm perjalanan menuju Banjarsari, kami ber2 (Agus & Billy) meninggalkan Irham di depan BRI Banjarsari dan melanjutkan gowes ber2 .Perjalanan "ngangkleung" pun dimulai, kami ber2 membawa 6 buah lampu (1 headlamp, 1 lmpu sepeda, 1 senter & 3 lampu belakang). Memasuki kawasan Karangnini jalur mulai naik dan gelap gulita. Tak ada satupun lampu jalan dan diperparah karena lampu yang kami bawa hanya dapat menerangi sejauh 3 meter. Beruntung dari pertengahan hingga akhir jalur Karangnini yg gelap gulita tersebut ada mobil yang mau menerangi jalan. Pengendara mobil tersebut dengan baik dan sabarnya membututi kami ber2 dari belakang sehingga jalan yang gelap kembali terang oleh lampu mobil (ini baru Share The Road :D).