July 15, 2010

About Us

logo Bike to Campus adalah sebuah gerakan ataupun komunitas yang terorganisasi bagi para mahasiswa yang menggunakan sepeda sebagai kendaraan utamanya ke kampus. Secara struktur organisasi, Bike to Campus berada di dalam Bike to Work. Seperti yang kita tahu, Bike to Work di Indonesia sudah resmi secara hukum dan berpusat di Jakarta. Bike to Work mempunyai banyak cabang di kota-kota besar di Indonesia, dan untuk Bandung dan sekitarnya terdapat Bike to Work Bandung. Oleh karena itu, Bike to Campus Bandung secara struktur organisasi berada di dalam Bike to Work Bandung.
Bike to Campus Bandung sendiri diresmikan berdirinya (internal) pada 15 Juli 2010 di Kopi Progo, Jalan Progo, Bandung, dihadiri oleh Bike to Work Bandung, perwakilan dari banyak perguruan tinggi di Bandung dan sekitarnya, dan juga beberapa anggota Bike to Campus Jakarta. Peresmian berdirinya Bike to Campus Bandung saat itu juga sekaligus mengukuhkan kepengurusan untuk masa jabatan per 1 tahun. Walaupun demikian, pada prakteknya semua anggota bekerja bersama-sama dalam setiap kegiatan.
Terbentuknya Bike to Campus Bandung ini bukan bermaksud membawahi/menyaingi komunitas-komunitas sepeda lain, melainkan Bike to Campus Bandung ada untuk ikut meramaikan kegiatan-kegiatan dari komunitas-komunitas lain dan turut mensosialisasikan semangat bersepeda untuk peduli lingkungan dan kesehatan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan mahasiswa di Bandung pada khususnya.
Visi Bike to Campus Bandung sendiri yaitu memasyarakatkan bersepeda dan menyepedakan masyarakat khususnya mahasiswa, sehingga semakin banyak mahasiswa di Bandung dan sekitarnya yang menggunakan sepeda sebagai transportasi utamanya. Dengan begitu, Bandung kita jadi lebih sejuk, tidak macet, dan tentu saja menyehatkan.
Kami sudah memulainya, kamu mikir apa lagi…?
Salam Sepeda



“ Assalamuallaikum Wr. Wb.
Mari cintai lingkungan dimanapun Pembaca ini berada, tentang mahasiswa yang bersepeda mereka sangat Rock N Roll. karena ga semua orang berani untuk tidak BERPOLUSI. Saya bersepeda karena ingin mengurangi polusi juga kemacetan, saat pertama bersepeda banyak orang di sekeliling saya mengatakan "ngapain bersepeda ga ngaruh kl cuma 1 org yang bersepeda tetep aja banyak polusi". bila kawan mendapati kalimat seperti itu mudah saja menjawabnya "kalau begitu marilah kita bersepeda bersama". Karena kalau tidak dimulai dari diri sendiri siapa yang mau mulai ?.
Bangun Setyo Nugroho (Ketua Bike to Campus Bandung 2013-sekarang)
“Sebenarnya mahasiswa bersepeda di Bandung sudah cukup banyak sejak dulu. Kondisi alam, lingkungan, dan sosial sangat mendukung untuk bersepeda di Bandung dan sekitarnya, terutama bagi yang menekuninya sebagai olahraga. Yang sangat saya banggakan adalah masih banyak anak muda di sini yang peduli dengan lingkungan dan kesehatannya, tapi saya menyayangkan masih lebih banyak mereka yang tidak peduli. Bike to Campus Bandung semoga dapat membentuk karakter mahasiswa yang ‘hijau & bugar’.”
- Paulus ‘Pawl’ (Ketua Bike to Campus Bandung 2010 - 2013)
“Bike to Campus Bandung… Like This pisan!
Kenapa? Soalnya di Bandung banyak kita jumpai kampus/universitas baik negeri maupun swasta. Artinya, jika dihitung jumlah total mahasiswa/i di Kota Bandung setidaknya mendekati 1/2 populasi warga di Kota Bandung, atau bahkan lebih. Apa hubungannya? Mari kita berhitung sederhana. Bayangkan jika seluruh penghuni kampus di Bandung menggunakan sepeda, kira-kira berapa banyak lahan parkir yang bisa dihemat? (space 1 mobil bisa untuk 8 sepeda) Berapa banyak space kendaraan pribadi di jalan raya yang dipangkas? Dan berapa juta/miliar PPM polusi gas CO2 yang bisa dihilangkan? Serta berapa juta liter konsumsi subsidi BBM yang dapat dihemat ? Fiuuhhh… gak nyangka ya hubungan sebab-akibat yang terjadi dari gerakan Bike to Campus Bandung ternyata dapat menghijaukan kembali kota Bandung…
Ayo bersepeda ke kampus !!”
- Satiya ‘Tiyo’ (Ketua Bike to Work Bandung) -
“B2C Bandung adalah gerakan mahasiswa yang sangat berani ditengah hiruk pikuk keramaian kota dan ditengah berbagai budaya urban yang berkembang di Bandung. Pengembangan budaya bersepeda dikalangan muda yang kreatif seperti halnya kota Bandung yang dipenuhi dengan kaum muda kreatif. Semoga budaya baik ini tak mati ditengah jalan dan terus berkembang di wilayah Bandung dan sekitarnya. Maju terus dunia persepedaan Indonesia, maju terus Bike To Campus Bandung.
Lets act beyond green by using our bike to campus.”
- Amal (Ketua Bike to Campus Jakarta) -



Kontak :
- Bangun Setyo Nugroho ( 085624194474) - KPS UNJANI
- Agus Srptyan Heryanto ( 085721042641 ) WIDYATAMA
-Ripki Abdul Pahmi ( 082319796606 ) UIN BANDUNG

No comments:

Post a Comment

where to ride in bandung

Loading...